Selasa, 19 Januari 2010

Tingkatkan SDM Tahun ini, Anggaran Pendidikan Rohul Capai 22 Persen dari APBD

PASIRPENGARAIAN- Pemerintah kabupaten Rokan Hulu sejak tahun 2006 hingga tahun ini tampaknya ekstra serius membenahi pembangunan pada sektor pendidikan. Hal itu tergmbar dari besarnya alokasi dana untuk sektor ini. Jika UU hanya mewajibkan 20 persen apbn untuk pendidikan, maka pemkab Rohul bersama DPRD Rohul telah menyepakati alokasi pendidikan hingga 22 persen dari total APBD tiap tahunya.

Pada tahun 2010 ini tepatnya jumlah APBD Rohul Rp. 1,065 triliun, sebesar 22 persen juga tetap disisihkan untuk anggaran pendidikan di daerah ini. Hal itu kembali ditegaskan Bupati Rokan HUlu, Drs H Achmad MSi, akhir pekan lalu. Menurutnya untuk meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan, dirinya tetap berupaya semaksimal mungkin. Dikatakanya besarnya alokasi anggaran sektor pendidikan ini juga di topang perencanaan yang matang. Sehingga dana yang sudah di sediakan ini tidak salah sasaran. Persentasianggarkan pendidikan 22 persen dari APBD ini sekaligus merupakan yang paling besar dibandingkan daerah lainya di Riau.

"Pendidikan merupakan yang terpenting dan kita berharap dengan meningkatknya Sumber Daya Manusia (SDM) melalui pendidikan, maka kedepannya anak-anak negeri Rohul akan bisa bersaing. Upaya-upaya kita dengan meningkatkan sarana dan prasarana pendidikan kita tetap komit, mulai tingkat PAUD hingga perguruan tinggi Pemkab tetap komitmen," Papar Bupati Achmad.

Pemerintah kabupaten Rokan Hulu juga berupaya memperluas akses pendidikan bagi masyarakat Rokan Hulu yang berada di daerah terpelosok sekalipun. "Kita upayakan lembaga pendidikan tersebar hingga keseluruh pelosok Rohul. Mulai dari jenjang yang paling rendah yakni Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), TK, SD, SMP Hingga SMA" katanya. Sementara untuk perguruan tinggi Pemkab juga tengah membina Universitas Pasir pengaraian (UPP) untuk di upayakan sebagai universitas negeri.
Kini Pemkab Rohul juga membantu melalui Alokasi Dana Desa (ADD) Rp 15 juta untuk tiap desanya untuk didirikanya PAUD. Disamping itu, seiring dengan program pusat peningkatan mutu pendidikan tingkat Taman Kanak-kanak (TK), termasuk Sekolah Dasar (SD) hingga SLTP yang sejak tahun 2007 lalu telah digratiskan khususnya sekolah negeri.

Menurutnya, ini semua bentuk upaya nyata pemerintah terhadap dunia pendidikan. Sebab, dengan meningkatnya SDM di Rokan Hulu, maka meningkat pula kualitas sumberdaya putra-putri Rohul untuk bisa bersaing dengan masyarakat lainya dari luar daerah ini. "Kita juga komitmen membantu para guru MDa dengan memberikan honorer sebesar Rp200 per bulannya, termasuk dianggarkannya dana untuk MDa melalui ADD setiap tahunnya," ujar Bupati Achmad.

Sementara itu kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Rokan Hulu H M. Zen, S.Pd pada kesempatan yang berbeda juga mengatakan, Dinas Pendidikan Pemuda Dan Olah Raga Rohul, tengah berupaya membangun dan melengkapi fasilitas sekolah, terutama sekolah yang berada di luar perkotaan. Ia mencontohkan pada tahun 2010 ini, saja sudah diprogramkan pembangunan sekaligus pendirian 6 Sekolah negeri di Rohul.

"Sekolah yang akan kita bangun ini kita prioritaskan yang jauh dari kota, karena yang di kota yang cukup banyak sekolah sementara daerah pelosok masih banyak yang menharapkan adanya sekolah negeri" kata M Zen.

Selain itu, pada tahun ini juga direncanakan akan ada tambahan kenaikan insentif transport guru yang dianggarkan melalui APBD, meskipun besarnya belum bisa dipastikan. "Inilah salah satu bentuk komitmen pemkab rohul pada Pendidikan" katanya.
Di bagian lain, perhatian terharadap dunia pendidikan di Rohul juga di berikan oleh lembaga internasional seperti UNICEF, yang telah bersedia dan sudah aktif melakukan berbaai kegiatan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Rokan Hulu. Mulai dari pembinaan dan pendampingan terhadap para guru di Rohul dalam melaksanakan pendidikan.

"Unicef dan pemkab Rohul telah berkomitmen dan menandatangani MoU untuk melakukan pendamoingan guna meningkatkan kualitas pendidikan di daerah ini� kata kordinator Unicef Rohul Fahra, saat ditemui beberapa waktu lalu.(Junianto)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar